NASA desain robot mirip kera untuk menangani bencana nama robotnya yaitu The Robo Simian

Ketika kita membayangkan robot masa depan, mereka sering terlihat dan bergerak seperti manusia, berdiri dengan dua kaki dan menggunakan sepasang tangan untuk mengambil dan memindahkan objek. NASA Jet Propulsion Laboratory bekerja pada berbagai jenis robot untuk tanggap bencana yang dirancang untuk bergerak seperti kera.

ditutupi dengan tujuh kamera yang bertindak sebagai "mata," .The Robo Simian memiliki empat anggota badan identik yang melakukan tugas ganda sebagai lengan dan kaki. Bersama-sama, mereka cakap memindahkan robot di medan kasar dan puing-puing, tetapi juga dapat mengambil dan memanipulasi objek. Memiliki roda yang dapat digunakan  jika permukaan cukup halus.

The Robo Simian adalah hasil dari kompetisi  DARPA Robotika Challenge, sebuah kompetisi 27-bulan lamanya antara beberapa bakat atas robot dunia untuk menciptakan robot tanggap darurat. Dalam situasi seperti bencana nuklir, salah satu robot ini bisa masuk ke lingkungan yang terlalu berbahaya bagi pekerja penyelamat manusia dan melaksanakan tugas-tugas sederhana seperti mengangkat puing-puing dari korban atau mematikan katup/tombol.

Pada bulan Juni, Robo Simian dan 18 finalis lainnya  harus membuat jalan melalui rintangan yang mensimulasikan delapan skenario umum. Setiap robot akan mencoba untuk mengendarai mobil, bergerak melintasi puing-puing, menggunakan alat dan memanjat tangga, semua tanpa dikendalikan oleh manusia. DARPA mengatakan pesaing akhir harus berkompeten . Tim pemenang akan menerima hadiah $ 2 juta.
NASA desain robot mirip kera untuk menangani bencana nama robotnya yaitu The Robo Simian

NASA desain robot mirip kera untuk menangani bencana nama robotnya yaitu The Robo Simian


JPL menggunakan bagian sisa dari Robo Simian untuk membuat robot lain yang disebut surrogate. Robot tegak lebih tradisional memiliki tulang belakang fleksibel, kepala dan dua lengan. Dan lebih baik dalam memanipulasi objek, pengganti berlari di trek yang mudah dan tidak mahir melintasi medan yang rumit yang ada di bencana. Setelah mempertimbangkan kedua kandidat, tim memutuskan untuk mengambil Robo Simian ke final. (sumber: CNN )




Post a Comment

  1. itu harganya beneran $2 juta gan, mahal amat mending bangun mall..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. $2 jt itu bukan harga robotnya gan , tapi hadiah bagi pemenang lombanya :-d

      Delete

 
Top